17/01/2021
Breaking News

Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

35 - Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

 Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek – Arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi  konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial.

Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan.

Beberapa hewan di dunia fauna memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal Sbobet Deposit Pulsa 10000 membangun sarang mereka, bahkan beberapa di antaranya dapat membuat ilmuwan bingung sekaligus kagum. Dengan bahan-bahan yang terlihat sederhana, nyatanya hewan-hewan ini dapat membangun sarang atau tempat tinggal mereka dengan cukup rumit. Mereka dapat menghasilkan sarang yang dianggap paling indah di dunia.

1. Ovenbird

a 1 fd3e8444b79b8a32a2b8dd2b981a81c3 - Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

Burung ovenbird atau spesies dengan nama Latin Seiurus aurocapilla ini merupakan salah satu jenis burung yang dapat membangun sarangnya dengan indah. Bahan-bahan yang digunakan pun merupakan kombinasi kompleks dari alam.

Laman sains Science Magazine mengungkapkan bahwa burung ini dapat membuat sarang yang terbuat dari bahan rumput dan kulit ular. Burung ini juga dapat membangun sarang dengan baik dan memiliki arsitektur yang terbilang kompleks.

Habitat ovenbird yaitu pegunungan yang terdapat di Meksiko dan Chili dan mungkin juga hutan-hutan yang berada di sekitarnya. Makanan kesukaan overnbird yaitu serangga-serangga kecil. Selain itu, mereka akan mengerami telur-telur mereka di tempat yang gelap dan jauh dari jangkauan predator.

2. Tawon

a 2 1eec29b7faa0f0792fc5710b68a00a85 - Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

Salah satu sarang yang dianggap indah yaitu sarang tawon. Sekadar informasi, masih banyak orang yang salah dalam menganggap bahwa tawon dan lebah madu adalah sama, padahal keduanya sangat berbeda.

Lebah madu memiliki sengatan tidak seagresif tawon dan lebah madu dapat diternakkan. Sementara, tawon merupakan spesies penyengat alami di alam liar dan memiliki sifat yang sangat agresif.

Namun, keduanya memiliki persamaan yakni sama-sama dapat membangun sarang yang indah. Lebah madu dapat membuat sarang yang kompleks dan menghasilkan madu, sedangkan tawon dapat membangun sarang yang terlihat indah dengan arsitektur rumit.

3. Burung Montezuma

a 3 568f34967905c553b37cbc5835c56b54 - Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

Nama Burung montezuma atau montezuma oropendola adalah spesies burung yang habitatnya tersebar di dataran rendah Meksiko hingga Panama. Burung jantan akan memiliki postur dan bobot tubuh dua kali lebih besar di bandingkan montezuma betina.

Sarang burung ini terbuat dari anyaman daun dan di buat menggantung di atas ranting pohon yang sangat tinggi. Hal ini di lakukan agar sarang mereka dapat terhindar dari predator sejauh mungkin.

4. Burung Walet

a 4 2bb07420d21423982cea57dde4b5c11f - Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

Burung walet sejak dulu terkenal dengan sarangnya yang sangat mahal. Dengan beberapa bahan sederhana yang di campur air liur mereka, sarang burung yang satu ini banyak di ternakkan di banyak negara, terutama Asia.

Di negara-negara Asia, seperti Tiongkok dan Vietnam, sarang burung walet di percaya dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Meskipun anggapan ini tidak di akui dalam kedokteran barat, nyatanya sarang walet masih di hargai mahal hingga saat ini.

5. Rayap

a 5 7385cc5106adac97c43e950d5dd19a96 - Beberapa Hewan ini Membuat Sarang yang Indah Bagai Arsitek

Kamu tentu tidak akan pernah menyangka bahwa hewan yang buta dapat membangun sarang megah yang sangat rumit. Ya, rayap adalah spesies penghancur yang kebanyakan di lahirkan buta.

Meskipun buta, rayap pekerja dapat membangun sarang yang di klaim oleh banyak ilmuwan sebagai sarang hewan terbaik dan terumit yang pernah ada. Penelitian yang di tulis National Geographic menyatakan bahwa rayap adalah arsitek yang tangguh.

Sarang rayap dapat memiliki tinggi 5 meter dan lebar 10 meter. Setelah di pelajari, di dapatkan simulasi komputer tentang sarang rayap yang hingga kini masih membuat banyak ilmuwan kebingungan.

Bagaimana tidak, ada ribuan dan bahkan jutaan jalur koneksi yang terdapat dalam sarang rayap. Jalur-jalur tersebut di buat strategis dan hemat energi.

Belum lagi, sistem yang rumit dan kompleks membuat para ahli bertanya bagaimana hewan yang buta dapat membangun sarang dengan begitu megah dan presisi sesuai dengan desain arsitek modern.