13/05/2021

Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

28 - Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab – Arab Saudi atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara.

Negara Arab Saudi ini berbatasan langsung (searah jarum jam dari arah utara) dengan Yordania,  Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, dan Laut Merah. Beribukota di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) adalah negara maju di daratan benua Asia barat yang jadi primadona para traveler dunia.

Keberadaan bangunan pencakar langit tertinggi di dunia saat ini menjadi salah satu pesona pariwisatanya yang luar biasa keren. Buat kamu yang belum kesampaian mengunjungi negara beriklim subtropis yang panas dan lembab ini, simak dulu yuk beberapa fakta IDN Poker Deposit Pulsa 10000 menariknya. Negara UEA baru saja merayakan hari kemerdekaan ke-49, lho.

1. Terbentuk pada tahun 1971

ainur kamaev z11ilvoggwq unsplash dbca773454e8338eb07eb9d98c4af847 - Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Sebelum terbentuk menjadi sebuah negara, Kerajaan Britania Raya memiliki wewenang dalam menjaga ketahanan dan urusan di wilayah daratan di sepanjang Teluk Persia.

Tapi, pada abad ke-20, tepatnya tanggal 2 Desember 1971, beberapa emirate atau negara bagian di Teluk Persia tersebut memutuskan untuk membentuk negara bernama Uni Emirat Arab. Karena itulah, tanggal 2 Desember lalu, UEA baru saja merayakan National Day yang ke-49.

2. Terdiri dari tujuh emirates

kon karampelas 5ntkuyzp36y unsplash 9dc81a8413bfe616c1be42be578a0df7 - Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Buat kamu yang belum tahu, secara etimologi emirate berarti pemerintahan atau teritori seorang emirEmir sendiri merupakan gelar seorang bangsawan, bisa juga diartikan pangeran, pemimpin, atau jenderal di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara.

Nah, disebut UEA karena negara ini terdiri dari tujuh emirates, yaitu Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Umm Al-Quwain, Fujairah, dan Ras Al Khaimah. Ras Al Khaimah menjadi emirate terakhir yang bergabung di tahun 1972.

3. Populasi dan bahasa yang dipakai

surya deepak vtgwuuufoag unsplash 2e2ac0a78f98d22b3f40e260c1d460fe - Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Percaya atau tidak, mayoritas populasi yang bermukim di UEA merupakan warga asing, yaitu sekitar 88 persen. Para pendatang ini kebanyakan merupakan warga negara dari Pakistan, India, Bangladesh, Sri Lanka, serta sebagian kecil dari Filipina dan Iran.

Namun, karena sempat di bawah kekuasaan Kerajaan Britania Raya, maka bahasa Inggris menjadi bahasa utama yang dipakai dalam percakapan setelah bahasa resmi negara, yaitu bahasa Arab.

4. Menjadi salah satu negara pengekspor minyak bumi terbesar di dunia

e9ea0fa2 aa4c 41c6 bb8a f7a44cf69966 4ff75a52cda7ffa5d2f83814774e3350 - Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Perekonomian UEA sangat bergantung pada ekspor minyak bumi. Dilihat dari data penghasil minyak mentah terbesar di dunia tahun 2019 yang dilansir dari Forbes, UEA menempati urutan ke-7 dengan jumlah produksi mencapai 3,4 juta barel per hari.

Sedangkan di lingkungan negara-negara Timur Tengah, UEA menempati urutan ketiga setelah Arab Saudi dan Irak, bersaing dengan Iran di urutan keempat.

Sebab itulah, UEA menjelma dari negara kecil di kawasan Teluk Persia yang kering dan tandus menjadi negara kaya raya dengan tingkat perekonomian yang tinggi. Di samping menggantungkan pada produksi dan ekspor minyak, pariwisata di UEA juga merupakan penyumbang devisa terbesar negara.

5. Landmark negara berpusat di Dubai

shreyas gupta cx4m9d9yk i unsplash b32360ccdbaf99f3722847e35aca97e6 - Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Meskipun beribukota di Abu Dhabi, namun Dubai justru menjadi kota terbesar di negara UEA. Selain menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia, Dubai juga menjadi rumah bagi landmark negara UEA dan bangunan ikonik lainnya.

Yang paling terkenal tentu saja Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 828 meter. Ada pula Dubai Frame, di mana kamu bisa menyaksikan potret kota Dubai pada masa silam, sekarang, dan masa depan. Selain itu, terdapat juga Palm Island, Dubai Creek Harbour, The Beach Dubai, dan The Pointe Palm. Keren-keren semua!

6. Abra, taksi air favorit turis

emilie farris ls3qo2xjl9y unsplash 25c224b6e7f421ddad4b7b056ee2410a - Punya Bangunan Tertinggi di Dunia & Fakta Menarik Uni Emirat Arab

Masih di kota Dubai, ternyata kamu gak hanya bisa menjumpai bangunan ikonik yang megah, lho. Kalau kamu pengin merasakan nuansa tradisional yang autentik. Ada abra atau taksi air yang bentuknya seperti perahu dan terbuat dari kayu.

Abra bisa membawamu melintasi perairan di sekitar Dubai dari dermaga-dermaga yang tersedia, seperti Dubai Canal, Dubai Creek Harbour. Atau Souk Madinat Jumeirah. Kabarnya, naik abra ini cukup membayar 1 AED atau setara dengan Rp3.800-an. Wah!

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar negara Uni Emirat Arab