26/10/2020
Breaking News

5 Manfaat Belajar Bela Diri, Bukan Hanya Melawan Penjahat

5 Manfaat Belajar Bela Diri, Bukan Hanya Melawan Penjahat

5 Manfaat Belajar Bela Diri, Bukan Hanya Melawan Penjahat

5 Manfaat Belajar Bela Diri, Bukan Hanya Melawan Penjahat – Berbicara manfaat belajar bela diri bukan hanya soal kesehatan tapi juga soal kepercayaan diri dan spiritual. belajar bela diri membuat seseorang mencapai potensi tertingginya.

Seperti yang dikatakan oleh para ahli bela diri, mereka mencapai potensi terbaik dalam diri mereka dengan melalui proses yang tidak mudah. No pain, no gain memang.

Dilansir https://cjoutback.com selain melawan orang yang berniat jahat, kegiatan fisik yang aktif ini juga semakin digemari oleh khalayak luas untuk mendapat kesehatan. Berikut ini manfaatnya.

1. Gaya hidup yang sehat 

Bela diri adalah katalisator yang sempurna bagi kamu yang ingin merubah gaya hidup yang amburadul. Diajari oleh ahlinya, kamu mendapat masukan untuk memperbaiki pola makan dan istirahat.

Salah satu hal yang perubahan yang dominan setelah mengikuti kelas bela diri adalah perubahan pola makan. Karena latihan jasmani yang ekstrim dan teknik yang rumit, kamu “dipaksa” makan makanan sehat agar berenergi.

2. Meningkatkan kepercayaan diri 

Ini termasuk dalam ranah manfaat rohani. Dengan belajar bela diri, kamu mendapatkan sokongan kepercayaan diri yang lebih, membuatmu percaya bisa melakukan apa saja.

Bela diri terdiri dari banyak teknik dan gerakan yang membutuhkan waktu agar bisa dikuasai. Setelah dikuasai dengan benar, kamu merasakan sense of accomplishment yang membuatmu kian percaya diri.

3. Bentuk tubuh ideal 

Seperti yang dikatakan di atas, bela diri menawarkan solusi terbaik dalam menurunkan berat badan. Maka dari itu, di pusat kebugaran, mereka menawarkan kelas body combat yang kurang lebih memakai gerakan-gerakan bela diri yang aktif dan memeras keringat. Bela diri lebih dari itu. Bukan hanya badan yang ringan, tapi bentuk badan yang ideal pun bisa kamu dapatkan.

Karena dengan latihan yang keras dan teknik yang sulit, bukan hanya membuat lengan dan pahamu kecil, bela diri juga membuatnya menjadi kencang dan kuat.

4. Meningkatkan konsentrasi 

Selain kepercayaan diri, bela diri juga memperkuat daya ingat dan konsentrasimu. Walaupun lebih dominan pada gerakan badan, bela diri juga membuatmu menenangkan pikiran agar latihan menjadi lebih maksimal.

Saat mempelajari satu gerakan, pikiranmu diasah untuk menolak banyak distraksi. Oleh karena itu, kamu menjadi lebih fokus.

5. Norma dan nilai-nilai yang baik 

Saat kamu memasuki sebuah dojo, pastinya, kamu akan melihat-lihat banyak foto diri pendiri aliran bela diri dan visi serta misi bela diri tersebut.

Terlihat konyol, sebenarnya, para pelajar bela diri benar-benar mengaplikasikan nilai dan norma tersebut dalam kehidupan mereka seperti rasa hormat, keberanian, dan menghargai orang lain.

Oleh karena itu, bela diri adalah salah satu pilihan yang dituju oleh kawula muda yang masih mencari identitas mereka. Nilai dan norma ini kemudian terbawa bukan hanya saat berlatih bersama, namun juga di lingkungan luar.