06/05/2021

Alat Musik Tradisional Asal Indonesia

Alat Musik Tradisional Asal Indonesia

Alat Musik Tradisional Asal Indonesia Ini Juga Terkenal di Berbagai Negara, Bisa Mainkan Salah Satunya?

Alat Musik Tradisional Asal Indonesia – Di tengah perkembangan musik yang semakin canggih keberadaan alat musik tradisional tidak pernah hilang dan masih banyak diminati oleh banyak orang. Hampir seluruh negara di dunia mempunyai ciri khasnya budayanya masing-masing. Begitu juga dengan Indonesia.Negara kita terkenal dengan keragaman budaya yang dimiliki. Mulai dari makanan tradisional, baju daerah, rumah adat, lagu daerah, hingga alat musik tradisional.

Siapa yang pernah belajar atau mahir memainkan alat musik tradisional khas Indonesia? Kalau iya, tandanya kamu turut melestarikan budaya negara kita, lo. Karena perkembangan zaman, banyak orang yang mulai meinggalkan tradisi dan segala sesuatu yang menyangkut budaya.

Padahal alat musik tradisional juga tak kalah menarik untuk dipelajari. Bahkan ada beberapa di antaranya sudah dikenal di dunia internasional!

Kira-kira alat musik tradisional khas Indonesia apa saja yang sudah populer di dunia? Ayo kita cari tahu bersama!

1. Angklung

Sebagian besar orang Indonesia pasti tahu alat musik yang berasal dari Jawa barat ini. Yap, angklung namanya!

Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya adalah dengan menggoyangkannya. Tidak hanya terkenal di Indonesia, ternyata angklung juga sudah lama dikenal oleh masyarakat dunia, lo. banyak orang asing yang tertarik untuk mempelajarinya.

Bahkan UNESCO sudah mengakui kalau angklung adalah salah satu warisan indonesia. Siapa di sini yang mahir memainkan angklung?

2. Gamelan

Bagi teman-teman yang tinggal di pulau Jawa pasti tidak asing dengan gamelan. Alat musik tradisional satu ini berasal dari Jawa Tengah. Gamelan sendiri terdiri dari berbagai jenis alat musik, yaitu kendang, gangsa, gender, bonang, gong, saron, dan lain-lain.

Tahukah kamu saking terkenalnya, beberapa sekolah di Amerika Serikat memasukkan gamelan sebagai salah satu kurikulum dalam pengajaran di sekolah, lo.

3. Sasando

Setelah dari pulau Jawa, mari kita bergeser ke Indonesia bagian timur. Di sana juga ada salah satu alat musik tradisional khas Indonesia yang dikenal dunia.

Apa kamu pernah mendengar Sasando? Yap, alat musik satu ini berasal dari Pulau Rote yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya dipetik layaknya gitar. Apa kamu pernah coba memainkannya?

4. Tifa

Masih dari wilayah timur, Tifa adalah salah satu alat musik tradisional kebanggan masyarakat Maluku dan Papua. Bentuknya menyerupai kendang, namun lebih mirip dengan tabung. Tida terbuat dari kayu yang dilubangi bagian tengahnya.

Kemudian bagian atasnya biasanya ditutupi oleh kulit. Nah, bagian kulit inilah yang saat kita tepuk akan menghasilkan suara. Tifa menjadi salah satu cendera mata yang sangat disukai oleh turis yang berkunjung ke Maluku atau papua.

Nah, itu tadi beberapa dari sekian banyaknya alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Yuk, kita mulai mencintai dan melestarikan budaya kita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *