06/05/2021

Arsitek Terkenal di Dunia Karyanya Paling Berpengaruh

Arsitek Terkenal di Dunia Karyanya Paling Berpengaruh

Arsitek Terkenal di Dunia

Arsitek Terkenal di Dunia – Gedung-gedung ikonik yang kalian tahu tidak muncul begitu saja. Di Balik tampilannya yang megah dan mengagumkan, terdapat arsitek yang menjadi master mind dari gedung atau hunian tersebut. Dari sekian banyak arsitek terkenal di dunia, terdapat beberapa individu yang karyanya berpengaruh besar. Nilai seni yang hadir pada karya-karyanya membuat arsitek ini memiliki sentuhan tersendiri yang menjadi daya tariknya.

Baca juga : Inspirasi Rumah Minimalis 1 Lantai, Cantik dan Menarik!

Bahkan, beberapa arsitek ini disebut sebagai seorang pionir dari gaya arsitekturnya yang unik sehingga mendapatkan banyak sekali penghargaan. Penasaran dengan arsitek-arsitek ini? Langsung saja disimak ulasan mengenai arsitek terkenal di dunia ini.

Frank Lyoyd Wrigt

Tidak aneh jika banyak orang yang beranggapan jika karya-karya dari Frank Lloyd Wright ini disebut sebagai salah satu dari banyak karya terbaik di dunia. Pasalnya, arsitek modern asal Amerika ini sudah merancang lebih dari 1000 struktur arsitektur yang 500 di antaranya sudah dibangun.

Meskipun tidak pernah menempuh pendidikan arsitektur formal, salah satu arsitek terkenal di dunia ini mempelajari arsitektur melalui Louis Sullivan yang merupakan legenda di dunia arsitektur. Sullivan-lah yang akhirnya memengaruhi keunikan gaya desain modern yang ditampilkan oleh Wright.

Le Corbusier

Arsitek asal Swiss ini dikenal dengan gaya arsitektur internasional (International Style). Beberapa karakteristik dari karyanya adalah penggunaan bahan beton dan baja modern pada struktur rancangannya.

Selain itu, karena ketidaksukaannya, ia tidak memasang ornamen non struktural yang berlebihan pada bangunan. Berikut adalah beberapa krya dari pria peraih penghargaan AIA Gold Medal (1961) dan Grand Officers of the Légion d’honneur (1964)

Frank owen Gehry

Memiliki gelar “arsitek paling penting pada era ini” oleh Vanity, rasanya hal tersebut tidak berlebihan mengingat karyanya yang sangat berpengaruh. Arsitek Amerika kelahiran Kanada ini memiliki ciri khas gaya arsitektur modern yang lebih inovatif serta futuristik dan menawarkan sudut pandang yang lebih menyegarkan.

Selain itu, Frank Owen Gehry juga dikenal akan pengolahan bentuk destruktif yang melahirkan nilai arsitektur kontemporer yang sangat ikonik.

Cesar Pelli

Berkebangsaan Argentina, arsitek yang lahir pada tahun 1926 ini dikenal karena kayanya yang identik dengan elemen tutupan metalik dan berliku.

Salah satu karyanya yang hampir semua orang Indonesia tahu adalah Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain gedung tersebut, Pelli juga pernah merancang World Financial Center yang mengelilingi World Trade Center.

Louis Kahn

Louis Kahn adalah arsitek yang dikenal memiliki gaya monumental dan monolitik sebagai ciri khas karyanya. Salah satu bukti bakatnya dalam bidang arsitektur adalah penghargaan AIA Gold Medal dan RIBA Gold Medal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *