17/05/2021

Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah – Banyak hewan di dunia fauna mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam hal membangun sarang mereka, bahkan beberapa di antaranya dapat membuat ilmuwan bingung sekaligus sangat kagum.

Dengan menggunakan alat yang terlihat sederhana, nyatanya hewan-hewan ini dapat membangun sarang atau tempat tinggal mereka dengan cukup rumit. Mereka dapat menghasilkan sarang yang dianggap paling indah di dunia.

Layaknya arsitek, inilah lima hewan yang dapat membangun sarangnya dengan indah. Yuk, disimak!

1. Ovenbird 

a 1 fd3e8444b79b8a32a2b8dd2b981a81c3 - Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Burung ovenbird atau spesies dengan nama Latin Seiurus aurocapilla ini merupakan salah satu jenis burung yang dapat membangun sarangnya dengan indah. Bahan-bahan yang digunakan pun merupakan kombinasi kompleks dari alam.

Habitat ovenbird yaitu pegunungan yang terdapat di Meksiko dan Chili dan mungkin juga hutan-hutan yang berada di sekitarnya. Makanan kesukaan overnbird yaitu serangga-serangga kecil. Selain itu, mereka akan mengerami telur-telur mereka di tempat yang gelap dan jauh dari jangkauan predator.

2. Tawon 

555fb5990423bd0a4c8b4567 - Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Salah satu sarang yang dianggap indah yaitu sarang tawon. Sekadar informasi, masih banyak orang yang salah dalam menganggap bahwa tawon dan lebah madu adalah sama, padahal keduanya sangat berbeda.

Lebah madu memiliki sengatan tidak seagresif tawon dan lebah madu dapat diternakkan. Sementara, tawon merupakan spesies penyengat alami di alam liar dan memiliki sifat yang sangat agresif.

Lebah madu dapat membuat sarang yang kompleks dan menghasilkan madu, sedangkan tawon dapat membangun sarang yang terlihat indah dengan arsitektur rumit.

3. Burung Montezuma 

149143423naxeyn10 a0f42cadd8d88c6603af34739f0edcfb - Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Burung montezuma atau montezuma oropendola adalah spesies burung yang habitatnya tersebar di dataran rendah Meksiko hingga Panama. Burung jantan akan memiliki postur dan bobot tubuh dua kali lebih besar dibandingkan montezuma betina.

Dilansir laman Costarica Curious, sarang burung ini terbuat dari anyaman daun dan dibuat menggantung di atas ranting pohon yang sangat tinggi. Hal ini dilakukan agar sarang mereka dapat terhindar dari predator sejauh mungkin.

4. Burung Walet 

suara anak walet - Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Burung walet sejak dulu terkenal dengan sarangnya yang sangat mahal. Dengan beberapa bahan sederhana yang dicampur air liur mereka, sarang burung yang satu ini banyak diternakkan di banyak negara, terutama Asia.

Di negara-negara Asia, seperti Tiongkok dan Vietnam, sarang burung walet dipercaya dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Meskipun anggapan ini tidak diakui dalam kedokteran barat, nyatanya sarang walet masih dihargai mahal hingga saat ini.

5. Rayap 

3054320801 - Bagai Arsitek, 5 Hewan Ini Dapat Membuat Sarang-sarang yang Indah

Kamu tentu tidak akan pernah menyangka bahwa hewan yang buta dapat membangun sarang megah yang sangat rumit. Ya, rayap adalah spesies penghancur yang kebanyakan dilahirkan buta.

Meskipun buta, rayap pekerja dapat membangun sarang yang diklaim oleh banyak ilmuwan sebagai sarang hewan terbaik dan terumit yang pernah ada. Penelitian yang ditulis National Geographic menyatakan bahwa rayap adalah arsitek yang tangguh.

Sarang rayap dapat memiliki tinggi 5 meter dan lebar 10 meter. Setelah dipelajari, didapatkan simulasi komputer tentang sarang rayap yang hingga kini masih membuat banyak ilmuwan kebingungan.