07/08/2020
Breaking News

Bangunan Bersejarah di Mandalay Myanmar

Bangunan Bersejarah di Mandalay Myanmar

Bangunan Bersejarah di Mandalay Myanmar dengan Arsitektur Khas

Bangunan Bersejarah di Mandalay Myanmar – Dikenal juga dengan nama Burma atau Birma, Myanmar adalah negara yang wajib masuk daftar liburan keliling Asia Tenggara-mu. Berlibur ke Myanmar, Toppers tak perlu takut dikecewakan karena ada banyak sekali destinasi wisata di Myanmar. Yang tak kalah indah dan memukau dibandingkan destinasi wisata lainnya di negara-negara Asia Tenggara.

Myanmar merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang berada di wilayah Indochina bersama dengan Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam. Negeri ini juga mempunyai sejarah panjang dari masa kerajaan hingga menjadi salah satu koloni Inggris. Selain itu negara bekas jajahan Inggris ini juga memiliki berbagai peninggalan kerajaan terdahulu yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Buat kalian yang suka berwisata sejarah dan berniat untuk berwisata ke luar negeri, maka kalian dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarahnya di kota Mandalay berikut ini.

Shwenandaw Monastery

Shwenandaw Monastery termasuk salah satu bangunan tua yang terdapat di Mandalay, Myanmar. Kuil ini didirikan oleh Raja Thibaw Min pada tahun 1878, di mana sebelumnya merupakan tempat tinggalnya ayahnya Raja Mindon Min hingga kemudian dibangunlah bangunan kuil ini untuk mengenang Raja Mindon Min dan digunakan sebagai Raja Thibaw untuk bermeditasi.

Bentuk arsitektur bangunan ini sangat khas Burma dengan adanya sentuhan ukiran kayu jadi yang unik. Serta, kuil ini juga menjadi salah satu bangunan peninggalan kerajaan Burma terdahulu yang masih terawat.

Kerajaan Thaton yang dipercaya Berhasil Mengubah Keyakinan dan Agama

Mahamuni Buddha Temple

Berikutnya, terdapat Mahamuni Buddha Temple adalah kuil dan tempat berziarah penting umat Buddha yang ada di Myanmar. Selain itu letaknya juga sangat mudah dijangkau dari pusat kota Mandalay dan terletak di sebelah selatan. Serta yang tak kalah menarik adalah bentuk bangunannya yang memang sangat indah dan memiliki pagoda yang sangat khas.

Bangunan ini sudah dibangun pada tahun 1785 dari Raja Bodawpaya dari dinasti Konbaung, yang mengambil patung Mahamuni Buddha. Terdapat pula museum Buddha di dalam kuil ini yang mengisahkan berbagai sejarah agama Buddha dan perkembangannya dari awal kelahirannya.

Atumashi Monastery

Terakhir, terdapat Atumashi Monastery yang juga salah satu bangunan kuno di Mandalay yang wajib dikunjungi. Bangunan ini dibangun pada tahun 1857 oleh Raja Mindon, setelah pusat pemerintahan dipindahkan ke Mandalay. Uniknya bangunan utamanya menggunakan kayu jati yang dilapisi dengan plester pada bagian luarnya.

Bangunan berarsitektur khas Burma ini memiliki bentuk atap yang unik yang dipadu dengan ornamen yang berunsur Budha. Sayangnya bangunan ini sempat terbakar pada tahun 1890, beserta seluruh peninggalan di dalamnya. Hingga pada akhirnya berhasil direkonstruksi kembali pada tahun 1996.

Bagaimana, keren kan sederetan bangunan kuno di Mandalay, Myanmar di atas. Nah, kalau kalian mau berkunjung ke mana dulu nih?