15/08/2020
Breaking News

Bangunan Tertua di Dunia

Bangunan Tertua di Dunia

Bangunan Tertua di Dunia

Bangunan Tertua di Dunia – Momen berpelesir ke benua seberang tentu jangan disia-siakan. Sudah menempuh durasi perjalanan yang terbilang tidak sebentar, klimaks momen traveling harus diraih. Salah satunya dengan mengunjungi ikon arsitektur yang berada di kota tujuan Anda. Bangunan tua dengan segala kisah yang tersimpan di balik keberadaannya dijamin meninggalkan kesan.

1. Roma – Colosseum

Sebagian besar pasti setidaknya sudah pernah melihat sekilas visual mengenai bangunan historikal ini. Colosseum atau dikenal dengan istilah Amfiteater Flavian terletak megah di kota Roma. Walaupun bangunan bersejarah ini telah setengah runtuh, tetap tidak meninggalkan kesan agung. Colosseumdibangun sekitar tahun 70 hingga 80 Masehi.

2. Nubia – Temple of Amada

Seolah tengah berada dalam adegan film petualangan sejarah, kita berlanjut ke kuil tertua ada di Nubia, Mesir. Di mana terletak kuil Amada yang dibangun sekitar tahun 1.500 dan 1.189 sebelum Masehi. Terlalu tua dan bersejarah, hingga tidak ada yang tahu pasti tahun didirikannya bangunan kuil tua ini.

3. Khuzestan – Chogha Zanbil

Didirikan di tahun 1,250 sebelum Masehi, perjalanan menelusuri sejarah kita lanjutkan ke sebuah provinsi di Iran. Chogha Zanbil merupakan situs historikal sekaligus destinisi religi bagi penduduk lokal di sekitarnya. Kabarnya, komplek bersejarah ini ditemukan oleh sebuah perusahaan minyak yang tengah menjalankan proyek di kawasan tersebut.

4. Egypt – Djoser Pyramid

Kota Egypt di Mesir juga turut menyimpan kekayaan peninggalan sejarah. Apalagi kalau bukan berwujud piramida. Seperti yang sering kita saksikan di cuplikan film Blockbuster. Kota Egypt merupakan salah satu destinasi paling terkenal untuk melihat kemegahan bangunan arsitektur berbentuk segitiga tiga dimensi ini. Salah satu yang paling tua dan ternama, Piramida Djoser.

5. Athena – Parthenos

Parthenos di kota Athena, Yunani, awalnya dibangun sebagai tanda penghormatan kepada Dewi Athena. Konstruksinya dimulai pada tahun 447 sebelum Masehi silam. Hingga hari ini, Parthenos menjadi salah satu destinasi favorit para turis yang tengah mengunjungi Ibukota Yunani ini.

6. Giza – Great Pyramid of Gyza

Sudah mulai terasa keseruan berpetualang menelusuri arsitektur historikal di berbagai pelosok kota dunia? Jangan berpindah laman terlebih dulu. Karena sekarang giliran sebuah bangunan piramida bersejarah bernama Great Pyramid of Giza alias Piramida Khufu. Sesuai namanya, piiramida ini terletak di kota Giza, yang merupakan kota ketiga terbesar ketiga di Mesir.

7. Paola – Hypogeum of Ħal-Saflieni

Tidak seperti Roma yang ternama. Mungkin ini kali pertama Anda mendengar mengenai kota Paola. Kota yang hanya berpopulasi sekitar 7 ribu penduduk ini terletak di Republik Malta, Eropa bagian Selatan. Di kota ini pula terdapat salah satu peninggalan warisan UNESCO World Heritage Site yang bernama Hypogeum. Bangunan tua ini merupakan situs kuburan yang didirikan sekitar tahun 2.500 sebelum Masehi.

8. ‎Örencik – Gobleki Tepe

Bazaar berani bertaruh. Pasti ini pertama kalinya Anda mendengar nama kota sekaligus bangunan di foto atas. Terletak di Turki, Gobleki Tepe merupakan kuil yang terbentuk secara alami dari erupsi batu sekitar. Dan faktanya, kuil yang diperkirakan berdiri pada tahun 10.000 sebelum Masehi silam diklaim oleh seorang arkeolog asal Jerman, Klaus Schmidt, sebagai kuil tertua yang berada di dunia.