11/08/2020
Breaking News

Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia

Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia – “Selamat Siang, Pak, mau cari tipe rumah tinggal berapa?,” kata agen properti saat menyambut kedatangan calon pembeli. Mendengar pertanyaan itu, si calon pembeli malah bingung. Ternyata, si Bapak gak ngerti yang dimaksud dengan tipe-tipe rumah tinggal berapa.

Baca juga : Rabbit Town Bandung Buka Suara soal Gugatan Seniman AS Chris Burden

Sebelum membeli rumah maupun properti lainnya, mestinya kita ketahui dulu seluk-beluknya. Termasuk tipe-tipe rumah tinggal. Pasalnya, jenis tipe rumah diambil berdasarkan luas rumah itu sendiri. Yang Berikut Tipe Rumah yang Ada menjadi faktor penentu luas rumah umumnya adalah kavling dari perumahan tempat rumah tersebut dibangun.

Setiap tipe rumah inipun umumnya memiliki karakteristik khusus baik dari segi dimensi bangunan hingga kebutuhan ruang, meski pada akhirnya pengembang biasanya akan menyesuaikannya dengan konsep dari perumahan secara keseluruhan.

Jika tipe rumah sudah diketahui, maka pengembang dapat menentukan harga jual properti tersebut. Agak lucu kalau kita datang ke suatu kantor agen properti hanya dengan bekal uang untuk membeli rumah. Berikut ini adalah tipe-tipe rumah tinggal yang patut diketahui. Yuk, kita cermati untuk mengetahui kisaran harganya.

21

21 - Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Ini merupakan tipe rumah tinggal yang terkecil. Umumnya, luas bangunannya 21 meter persegi dengan luas tanah 24 meter persegi. Biasanya rumah dengan tipe ini memiliki dimensi 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, atau 6 x 3,5 meter.

Tipe rumah ini hanya terdiri dari satu kamar tidur. Rumah ini termasuk sederhana dalam soal pengaturan ruangan karena luas yang terbatas, dan terkadang bahkan memiliki dapur yang berada terpisah pada bagian halaman belakang.

Tipe rumah sederhana ini paling pas untuk pasangan baru menikah ataupun keluarga kecil. Harganya bisa tembus Rp 300 jutaan jika banyak faktor pendukungnya, terutama lokasi. Yang termurah biasanya sekitar Rp 100 jutaan.

36

Denah rumah type 36 - Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Mereka yang berstatus pasangan baru sering berburu rumah tipe ini dengan luas bangunan 36 meter persegi dan umumnya luas tanah 72 meter persegi. Dimensi rumah tipe 36 umumnya 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter.

Tipe rumah ini juga kerap menjadi pilihan investasi di bidang properti dengan menjadikannya rumah sewa, karena ukuran dan harga yang murah tentu pilihan menyewa tipe rumah satu ini lebih banyak dipilih.

Rumah minimalis tipe 36 banyak diburu tak hanya karena harganya tak terlalu tinggi, tapi juga kebutuhan akan tipe rumah 36 yang cukup tinggi sehingga akan lebih mudah untuk dijual kembali di kemudian hari.

Di kawasan strategis, harganya kini bisa mencapai Rp 650 – Rp 700 jutaan. Namun, ada juga yang harganya saat ini masih berkisar Rp 165 juta. Apalagi, jika ada subsidi dari pemerintah atau berlokasi yang jauh dari pusat kota.

45

rumah%2Btype%2B45 - Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Rumah tipe 45 termasuk favorit orang Indonesia, khususnya dari kalangan menengah. Pasalnya, harga rumah dengan tipe ini terbilang terjangkau, namun lumayan luas.

Dengan dimensi 6 x 7,5 meter, rumah tipe 45 cukup lapang untuk dihuni satu keluarga dengan satu hingga dua orang anak.

Karena memiliki spesifikasi luas yang lebih baik daripada tipe rumah 36, meski sama-sama memiliki dua kamar tidur, rumah dengan tipe ini kini banyak diburu.

Harga rumah tipe 45 dengan kualitas oke bisa mencapai Rp 1 miliar. Sementara itu, untuk harga rumah paling murah sekitar Rp 600 – Rp 800 juta.

54

rumah%2Btype%2B54 - Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Warga dari kelas menengah-atas biasanya berburu rumah tipe ini. Rumah tipe 54 biasanya memiliki dimensi 13,5 x 4 meter atau 9 x 6 meter.

Ukuran dimensi itu membuat rumah tipe 54 bisa dilengkapi sampai tiga kamar, ada pula yang hanya punya dua kamar. Tapi, umumnya terdapat taman yang cukup lapang di rumah dengan tipe ini.

Harga rumah ini biasanya Rp 800 jutaan di tempat tertentu. Di daerah permukiman favorit, harganya bisa sampai Rp 1,2 miliar.

60

dt4 denah rumah type 60 dengan konsep minimalis - Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Dengan ukuran luas 60 meter persegi, rumah tipe ini akan terasa lapang. Pasalnya, satu rumah bisa terdiri dari tiga hingga empat kamar tidur.

Namun, tentu saja kelebihan ini seiring dengan harganya. Rumah ini bisa dibanderol menembus Rp 1,5 miliar. Tapi, di beberapa daerah harganya bisa Rp 900 juta hingga Rp 1 miliar.

70

dr4 denah rumah type 70 yang super mewah - Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Memiliki luas 70 meter persegi, rumah tipe 70 lebih sering diburu warga dari kalangan atas. Harganya bisa sampai miliaran rupiah.

Yang termurah mungkin sekitar Rp 1,1 miliar, sementara tertinggi mencapai Rp 1,8 miliar. Yang pasti, rumah ini bisa dihuni keluarga serta orangtuanya. Pasangan baru bisa juga tinggal di sini, tapi dengan status numpang di rumah orangtua.

Rumah tipe 70 bisa dibikin satu lantai. Tapi banyak juga yang mendesain rumah tipe ini dengan dua lantai, sehingga ruangan bisa lebih banyak.

120

Denah Rumah Minimalis Lantai 1 - Berikut Tipe Rumah yang Ada di Indonesia Beserta Kisaran Harganya

Tipe rumah terakhir yang akan kita bahas merupakan tipe rumah yang sudah masuk dalam klasifikasi rumah mewah. Pasalnya, biasa diperuntukkan untuk masyarakat menengah atas.

Dengan luas bangunan hingga 120 meter persegi, dimensi tipe rumah ini bisa bervariasi mulai dari 10×12 meter atau 8×15 meter persegi.

Umumnya, rumah ini juga dibangun lebih dari satu lantai dan memiliki jumlah kamar bervariasi tergantung kebutuhan pemilik rumah.

Tipe rumah luas dan besar seperti ini juga memungkinkan pemilik atau pengembang untuk mengekplorasi desain dari rumah dengan beragam gaya arsitektur rumah.

Itulah tipe-tipe rumah di Indonesia. Rumah bertipe di atas umumnya dipasarkan dalam satu kompleks. Jadi, jangan cari rumah tipe-tipe seperti itu di area perkampungan atau di daerah dusun banget ya!

Jangan sampai kayak bapak di atas itu, datang dengan bekal duit saja. Bisa-bisa diakali, rugi beli rumah tanpa bekal pengetahuan.

Tips Beli Rumah

Selain mengetahui tipe rumah, kita juga harus mengetahui bagaimana cara membelinya yang aman. Kamu juga harus mengetahui kondisi finansial sebelum memutuskan membeli secara tunai atau kredit pemilikan rumah (KPR).

Gak cuma itu saja, memiliki tipe rumah juga perlu memahami kebutuhanmu agar dapat memilih tipe rumah yang paling tepat.

Salah satu hal penting yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih tipe rumah adalah tujuan dari penggunaan rumah yang kamu beli atau bangun tersebut.

Jika tujuan kamu membeli rumah hanya untuk investasi, maka tipe rumah yang berukuran kecil seperti tipe rumah 21, 24, dan 36 adalah tipe rumah yang mungkin lebih tepat karena lebih mudah dijual kembali.

Sedangkan jika rumah dibeli untuk kamu huni bersama keluarga, pikirkan pengembangan dari rumah. Jika tipe rumah yang kamu pilih merupakan tipe 24 atau 36, pastikan apakah luas kavling memungkinkan untuk pengembangan bangunan dan juga renovasi rumah, baik itu menambah luas atau menambah lantai ketika anggota keluargamu telah bertambah kelak.

Tipe rumah rata-rata hanya mengklasifikasi rumah berdasarkan ukuran luas bangunan. Jangan lupakan aspek-aspek penting lainnya dalam memilih rumah impian selain tipe rumah seperti lokasi dari rumah, spesifikasi bahan material bangunan rumah, hingga lingkungan sekitar dari rumah tersebut.

Jadi, sudah memutuskan mau membeli tipe rumah yang mana? Meski belum terlalu membutuhkannya karena kamu masih tinggal bersama orangtua, tetap pikirkan untuk menjadikan elemen ini sebagai investasi.

Kalau kamu punya keluangan dana, maka sebaiknya segera men-DP rumah yang sudah diincar dan jadikan investasi untuk masa depan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *