15/08/2020
Breaking News

Desain Interior Rumah dan Kantor

Desain Interior Rumah dan Kantor

Desain Interior Rumah dan Kantor

Desain Interior Rumah dan Kantor, –  Era new normal sudah dimulai. Pandemi covid-19 membuat semua lini berbenah untuk ‘berdamai’ dengan new normal.

Serangkaian penyesuaian dalam berbagai lini pun dilakukan, termasuk dalam urusan ruangan. Jarak antar meja diterapkan, partisi meja ditambahkan, sampai ada ruang khusus untuk pemeriksaan suhu tubuh dan ruang cuci tangan. Semuanya demi pencegahan infeksi virus corona.

“Akan menjadi satu hal baru bahwa mungkin ke depannya desain interior akan mengalami perubahan baik dari standar ukuran ataupun secara visual.

Di mana sebuah ruangan harus didesain dengan memperhatikan standar protokol kesehatan serta memperhatikan bagaimana interior dapat menjadi faktor yang berpengaruh bagi psikis penggunanya,” kata Natanael Subroto CEO Artkin Design & Build, kontraktor interior dalam pernyataannya.

Di era new normal, desain interior juga sangat berperan untuk membatasi gerak seseorang serta mempengaruhi psikologis masing-masing individu. Salah satu contohnya adalah ketika masyarakat diminta untuk di rumah saja, hal ini berarti orang akan lebih banyak menghabiskan waktu dalam ruangan.

Dia mengungkapkan, desain rumah yang fungsional akan jadi tren di era new normal.

Beberapa contohnya adalah adanya penyesuaian layout baru seperti hadirnya ‘area bersih’ di pintu masuk, hingga pilihan tempat penyimpanan modern untuk pergantian pakaian saat melangkah ke dalam rumah.

Selain itu, banyak orang yang juga akan menambah area hijau di taman dalam hunian. Kebutuhan akan cahaya natural juga akan jadi fokus tren desain interior di rumah.

Melihat kasus pandemi serupa pada tahun 1855, wabah pes dari China menyerang dunia yang juga mengubah segala aspek kehidupan, termasuk interior ruangan. Desain ruangan tidak lagi gelap tapi menjadi lebih terang dan memberikan banyak sinar matahari di dalam rumah.

“Perencanaan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik mendukung konsep rumah sehat serta aman, seperti banyaknya jendela dalam rumah. Penerapan ceiling yang lebih tinggi mengarah ke konsep arsitektur tropis akan menjadi tren interior rumah di era new normal,” ucap Ardhi Swasono Interior Designer Artkin Design & Build.

Bukan cuma rumah, area kantor juga bakal menerapkan beberapa desain new normal baru, termasuk dengan tambahan sentuhan teknologi. Ditambahkannya, Perubahan desain interior yang lebih modern dan kaya akan teknologi yang sangat digemari nantinya.

“Tren yang paling utama tentu mengikuti standar protokol kesehatan pemerintah. Akan ada perubahan ukuran jarak dalam satu ruangan. Penggunaan teknologi seperti camera thermal, automatic sanitizer dengan desain modern untuk memberikan rasa aman dan nyaman, penyediaan face shield, sanitasi ruangan, hingga adanya portable furniture yang sangat cocok untuk era new normal,” ucap Ardhi.

Tata ruang kantor bakal dibuat menjadi lebih terbuka sehingga sirkulasi udara bakal lebih lancar dan ruangan menjadi terang. Meski demikian, partisi pribadi di masing-masing meja yang dulunya tak ada partisi akan diberi penyekat.

Selain itu, hampir semua pintu kantor dan lift pun nantinya akan bisa terbuka otomatis tanpa disentuh atau dikendalikan lewat ponsel pintar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *