26/01/2021
Breaking News

Fungsi umum Musik tidak hanya membuat hiburan Doang

Fungsi umum Musik tidak hanya membuat hiburan Doang

Fungsi umum Musik tidak hanya membuat hiburan Doang

1031376ThinkstockPhotos 532105212780x390 - Fungsi umum Musik tidak hanya membuat hiburan Doang

Fungsi umum Musik tidak hanya membuat hiburan Doang – Musik adalah pendamping setia dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mengatakan bahwa musik bekerja di bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Bahkan, bagi sebagian orang musik itu adalah salah satu bagian yang paling penting dari kehidupan. Rasanya hampa ketika suatu hari tanpa mendengar musik.

Lihat saja setiap mal atau tempat untuk hang out, setiap hari tentu saja bermain musik untuk menemani kegiatan mereka. Di kafe-kafe, pusat perbelanjaan, transportasi umum dan bahkan orang-orang mendengarkan musik juga. Selain itu, beberapa dari Anda pasti sudah belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik. Sebuah jenis seni selalu dapat memperbarui. Bahkan musik yang disebut-sebut sebagai bahasa universal. Ternyata bahwa fungsi musik lebih dari sekedar untuk bersenang-senang Anda tahu.

Tanpa disadari, nada-nada yang diatur indah dalam sebuah musik memiliki efek yang besar bagi kehidupan manusia lho. Harmoni suara ini bisa menjadi media untuk mengusir kecemasan atau memberi efek menenangkan, hingga mendongkrak semangat dan membuatmu jadi makin produktif.

Menurut filsuf Plato asal Athena – Yunani, bahwa fungsi musik mempunyai peran cukup dalam kehidupan manusia. Selain itu ia juga menyinggung, jika fungsi musik memiliki pengaruh cukup kuat di bidang politik. Musik bisa untuk kekuatan, kebaikan maupun kejahatan. Bahkan disebutkan kejayaan atau keruntuhan suatu negara dapat disebabkan musik.

Berikut beberapa fungsi musik secara umum.

Sarana berekspresi

cd9f76872c65423d86b8e69fc1423584 600x400 - Fungsi umum Musik tidak hanya membuat hiburan Doang

1. Fungsi musik untuk mengungkapkan emosi 

Bagi seseorang, musik dapat berperan menjadi salah satu media untuk mengungkap perasaan atau emosinya. Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan emosi seseorang. Mereka lebih ekspresif dan efusif dalam mengutarakan pendapat.

2. Fungsi musik sebagai sarana komunikasi 

Musik merupakan media komunikasi yang bisa lebih mudah dipahami, meskipun kamu tidak memahami bahasa dari musik yang kamu dengarkan. Contoh nyata yang bisa kamu dapatkan dari fungsi musik sebagai media komunikasi adalah musik mampu mewakili perasaan yang ingin kamu sampaikan kepada orang lain, misalnya ungkapan rasa rindu, rasa cinta, rasa kecewa, dan lain sebagainya.

3. Mengurangi tekanan darah 

Menurunkan tekanan darah adalah salah satu fungsi musik. Sebuah mendengarkan musik lembut setiap pagi dan malam, orang dengan tekanan darah tinggi untuk mengontrol dirinya sendiri untuk menurunkan tekanan darah Anda. Menurut penelitian yang disebutkan pada pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit dan musik Celtic setiap hari secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Bikin berenergi 

Selain para musisi dapat mendengar suara merdu dari favorit Anda secara tidak sadar mendengarkan musik benar-benar bisa membantu meningkatkan energi mengetahui saat ini. Untuk mencapai ini genre musik yang cocok untuk didengar adalah pop atau techno. Kontrabas pen dapat membuat lebih banyak energi. jenis musik Anda bisa lebih energik dan bergerak lebih cepat. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan dorongan energi instan saat bekerja, ada yang salah dengan mendengarkan musik.

5. Meningkatkan konsentrasi 

Berikut fungsi musik adalah sebagai saran untuk meningkatkan konsentrasi. Para peneliti menjelaskan bahwa musik apapun dapat meningkatkan emosi positif yang dapat merangsang otak untuk meningkatkan konsentrasi. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik di University of London, dia menunjukkan anak-anak yang secara teratur mendengarkan musik klasik telah meningkat keterampilan konsentrasi dan mendengarkan.

6. Fungsi musik untuk meningkatkan IQ dan proses belajar 

Sebuah Nature jurnal berjudul “Musik dan kinerja tugas spasial,” menjelaskan bahwa peran musik Mozart dapat menyebabkan peningkatan kecerdasan. Menurut hasil dari tiga peneliti berpengalaman dari Universitas California, Amerika Serikat juga itu menunjukkan hasil positif.

Dalam percobaan ia diminta sekelompok mahasiswa untuk mendengarkan karya-karya musik klasik karya Mozart selama 10 menit. Ternyata kapasitas ruang sementara siswa meningkat 8-9 persen. kemampuan spasial adalah kemampuan untuk mengenali ruang temporal, bentuk dan arah.

7. Memperjelas memori 

Mendengarkan musik ternyata bisa memperjelas memori. Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan musik. Sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak, yakni otak kiri dan kanan serta mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Jadi, fungsi musik yang dilakukan ketika sedang belajar adalah bisa meningkatkan kemampuan fungsi kognitif otak.

8. Meningkatkan produksi dopamin agar bahagia 

Mendengarkan musik favorit ternyata dapat meningkatkan produksi hormon dopamin lho. Hormon ini berperan dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar dopamin, moodmu juga jadi ikut meningkat. Itu sebabnya segala macam gejala badmood yang menyertaimu saat belajar atau bekerja dapat mereda selama kamu mendengarkan musik. Jadi, fungsi musik bisa membuat orang merasa tenang dan bahagia.

9. Mengurangi stres 

Peran musik pada umumnya lebih dari dapat meningkatkan mood. Menurut para ilmuwan dari University of Missouri yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa tingkat stres dan meningkatkan penurunan suasana hati terlihat setelah 2 minggu mendengarkan reguler musik.

10. Fungsi musik untuk meningkatkan daya tahan tubuh 

Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

11. Sebagai simbol budaya 

Dalam kehidupan masyarakat sebagai rakyat Indonesia yang memiliki berbagai elemen budaya, fungsi musik memiliki pengaruh yang besar pada pencapaian nilai-nilai tradisional budaya. Karena, dalam beberapa upacara adat mereka menggunakan musik sebagai iringan.

12. Sebagai salah satu alat pemersatu bangsa 

Fungsi musik selanjutnya adalah sebagai salah satu alat pemersatu bangsa. Hal ini terlihat dari tiap-tiap negara yang memiliki lagu kebangsaan. Lagu kebangsaan tersebut dapat mewakili semangat kebangsaan, cita rasa estetik, maupun budaya dari masing-masing negara. Isi dari lagu-lagu tersebut pada intinya adalah untuk membakar semangat kebangsaan bagi warga negara. Salah satu contohnya adalah Indonesia, yang memiliki lagu kebangsaan berjudul Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *