11/08/2020
Breaking News

Gedung Pencakar Langit Termegah di Dunia

Gedung Pencakar Langit Termegah di Dunia

Gedung Pencakar Langit Termegah di Dunia

Gedung Pencakar Langit Termegah di Dunia – Gedung-gedung pencakar langit sudah bukan lagi hal yang wah. Pasalnya, sudah banyak sekali gedung-gedung menjulang tinggi di seluruh dunia. Predikat gedung tertinggi saat ini dipegang oleh Burj Khalifah yang terdapat di Dubai, Uni Emirat Arab. Selain itu, ada beberapa lainnya yang juga masuk jajaran gedung tertinggi dunia.

Tak hanya mencakar langit, gedung-gedung ini bikin takjub karena kemewahannya.

Gedung-gedung ini menunjukan peradaban manusia yang berkembang terlalu pesat.

Ketika prestasi luar biasa dari rekayasa modern membuahkan hasil, kita melihat gedung pencakar langit yang mencengangkan tampak terwujud.

Dengan setiap konstruksi bar, desain yang lebih baru.

Gedung-gedung tersebut dibuat secanggih mungkin dengan bahan tak bisa dibayangkan orang awam.

Burj Khalifa, Dubai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Burj Khalifa, Dubai ini merupakan bangunan tertinggi di dunia saat ini. Ketinggiannya hampir mencapai 2,717 kaki atau 828 meter. Gedung ini resmi dibuka pada 4 Januari 2010 yang dibuat oleh arsitektur Skindmore, Owings, dan juga Merril. Pencetusnya ini sendiri adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktour.

One World Trade Center — New York, USA

Sebelumnya dikenal sebagai “Menara Kebebasan,” dibangun dalam upaya untuk mengenang “World Trade Center” asli.

Yang mana gedung tersebut hilang dalam serangan teroris 9/11 tahun 2012.

One World Trade Center sekarang menjadi gedung tertinggi di Amerika Serikat pada ketinggian 1.776 kaki.

Shanghai Tower, Shanghai, China

Sementara itu untuk bangunan tertinggi kedua di dunia adalah Shanghai Tower, China. Shanghai Tower ini memiliki ketinggian gedung mencapai 2,073 kaki atau 632 meter. Bangunan ini dibangun di Lujiazuli, Pudong, Shanghai dengan 121 tingkat dan luas area mencapai 380.000 persegi.

Abraj Al-Bait Clock Tower, Mekkah

Disebut juga dengan Makkah Royal Clock Tower, bangunan yang didesain oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Masjidil Haram. Kompleks Abraj Al-Bait ini memiliki beberapa Menara yang bisa menampung ribuan peziarah yang berdatangan ke kota. Luas area ini mencapai 1,5 juta meter persegi. Tingginya sendiri mencapai 1,971 kaki atau sekitar 601 meter.

Ping An Finance Centre, Shenzhen, China

Bangunan tertinggi keempat adalah Ping An Finance Centre atau dikenal dengan julukan Ping An IFC. Tinggi dari gedung pencakar langit ini adalah 1,965 kaki atau 599 meter. Pembuat bangunan ini adalah arsitektur yang berasal dari Negeri Paman Sam, Kohn Pederson Fox Associates.

Goldin Finance 117

Memiliki ketinggian 1,959 kaki atau setara dengan 597meter, Goldin Finance 117 ini menjadi gedung tertinggi nomer lima di dunia. Dikenal juga dengan China 117 Tower, gedung di China ini awalnya dijadwalkan untuk selesai di tahun 2014 yang lalu. Namun karena ada kendala, di tahun 2010 yang lalu pembangunannya baru selesai di tahun 2017 dan bakal segera dibuka pada tahun 2018 ini.

Lotte World Tower, Seoul

Lotte World Tower di Seoul saat ini menjadi gedung tertinggi keenam di dunia. Ketinggianya mencapai 1,823 kaki atau setara dengan 555 meter. Di Korea Selatan sendiri, gedung ini sekarang menjadi yang tertinggi setelah melampaui Northeast Asia Trade Tower yang memegang rekor sebelumnya dengan ketinggian 305 meter.

Taipei 101, Taipei, Taiwan

Didesain oleh C.Y. Lee dan rekan-rekannya, Taipei 101 ini memiliki tahap pembangunan yang memakan waktu cukup lama, yakni mulai dari tahun 1999 sampai tahun 2004. Awalnya dikenal sebagai Taipei Wold Financial Center yang memang sudah sejak tahun 2004 yang lalu telah dimasukkan ke dalam salah satu gedung tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 1,670 kaki atau 509 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *