17/05/2021

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kamu Kuliah Jurusan Arsitektur

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah – Well, memasuki dunia kuliah memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Meski terdengar menyenangkan, namun persiapan kuliah bisa menjadi satu hal yang cukup memusingkan.

Bayangkan saja, selain menyisihkan anggaran untuk keperluan uang kuliah dan SKS, ternyata ada banyak hal penting lainnya yang juga perlu dipersiapkan dari jauh hari, lho.

Siswa kelas 3 SMA ataupun SMK, pasti mulai mencari berbagai jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minatnya. Salah satu jurusan kuliah yang peminatnya cukup ramai adalah jurusan arsitektur.

Arsitek merupakan suatu profesi yang dikenal memiliki prospek kerja dan juga gaji yang terjamin. Buat kamu yang ingin menjadi arsitek, maka inilah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum masuk kuliah arsitektur dikutip dari Freshome.com dan Studyarchitecture.com

  • Siapkan segala peralatan ‘tempur’ seorang arsitek

Ada banyak perlengkapan yang dibutuhkan oleh seorang calon arsitektur. Mulai dari alat tulis kantor sederhana seperti notebook, cutting mat, pensil, atau penggaris hingga yang cukup unik seperti fraction calculator, liner pens hingga LED yang diletakkan di meja. Barang-barang ini akan mendukung kinerja seorang arsitektur.

Contohnya saja LED yang diletakkan di meja. Ini akan memudahkanmu untuk memberikan sorotan lampu terhadap hal detail yang cukup mini. Tidak perlu langsung memborong semuanya, namun belilah barang-barang yang kamu butuhkan saat ini.

  • Siapkan sisi kreativitasmu!

Bersiaplah untuk mengasah sisi kreatifmu. Kamu akan ‘dipaksa’ untuk berencana dan berimajinasi. Kamu juga dilatih untuk menggambar sketsa dengan benar atau dalam waktu yang sedikit. Kamu diharuskan memiliki ide segar untuk bangunanmu kelak.

Kamu akan menjadi seseorang yang memberikan ide, dan bukan hanya mengerjakan sesuai dengan perintah. Berpikir kreatif itu berarti kamu memiliki banyak cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Selain itu kemampuan untuk melihat suatu kejadian dalam berbagai sisi.

  • Mulailah belajar berekspresi lewat gambar

Salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia arsitektur adalah seni, khususnya gambar. Kamu harus membiasakan diri untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan, ke dalam bentuk gambar atau visual. Bukan menggambar menggunakan komputer, para arsitek menggambar secara manual menggunakan tangan. Buku sketsa seakan menjadi benda yang wajib dibawa ke mana pun kamu pergi.

Jika kamu belum memiliki keterampilan ini dengan maksimal, kamu bisa mengambil kursus menggambar. Selain membuat wawasanmu luas, ini akan membuat tanganmu menjadi lebih ‘lihai’ ketika berurusan dengan pensil juga kertas. Kamu akan mulai terbiasa untuk membuat sketsa kasar, cepat atau menggambar detail dengan baik.

  • Bersiaplah untuk memberikan perhatian pada detail

Ketika kamu memutuskan untuk mengambil kuliah arsitektur, maka bersiaplah untuk memperhatikan detail. Jika kamu bukan orang yang terbiasa menaruh perhatian pada detail, maka kamu harus mulai belajar melakukannya.

Detail dalam dunia arsitektur meliputi sudut dan juga garis. Jika tidak benar-benar diukur dan diperhitungkan dengan matang, maka akan berdampak pada keseluruhan rancangan.

Kamu tidak bisa mengabaikan hal detail tersebut, hanya karena gambaran besarnya telah terlihat sempurna. Kamu harus membiasakan diri untuk jeli pada setiap sudut rancanganmu.

Gimana? Kamu tertarik dengan dunia arsitek? Persiapkan poin di atas, ya!