18/06/2021

Ingin Tahu Apakah Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Cukup Tinggi? Yuk Cek Jawabannya Bersama

Ingin Tahu Apakah Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Cukup Tinggi? Yuk Cek Jawabannya Bersama

Ingin Tahu Apakah Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Cukup Tinggi? Yuk Cek Jawabannya Bersama

Tuhan telah menciptakan manusia dengan berbagai jenis emosi. Dalam praktiknya, ada manusia yang mampu mengendalikan emosi tersebut dengan cukup baik, tapi sebagian lagi malah di kendalikan oleh emosi mereka sendiri. Yang terakhir ini mencerminkan ciri dari orang dengan kecerdasan emosional yang cukup rendah.

Di lansir dari laman amorvacui.org, kecerdasan emosional yang tinggi dapat di buktikan oleh beberapa hal berikut. Yuk, kita cek sama-sama, jangan-jangan tanpa sadar selama ini kamu termasuk orang yang punya kecerdasan emosional yang tinggi.

1. Sikap saat menghadapi masalah

Di kutip dari laman Daftar IDN Poker, saat menghadapi masalah, kamu mampu melihat sisi yang bisa membuat dirimu dan orang-orang sekitarmu bahagia meski pada kondisi yang tidak ideal. Mengeluh bagimu bukan opsi bijak karena tak menyelesaikan masalah.

2. Menyikapi pengalaman masa lalu

Meski punya pengalaman pahit di masa lalu, kamu gak membiarkan itu terus membayangi masa kini sehingga berpengaruh buruk terhadap masa depanmu. Kamu bersedia memaafkan dirimu yang dulu belum bijak sehingga bisa sampai melakukan kesalahan itu. Itu terjadi karena setiap orang mempunyai masa suramnya sendiri.

3. Bersikap lebih baik terhadap orang lain

Dirimu sadar bahwa tiap orang itu punya kelebihan dan kekurangan. Inilah yang membuatmu mudah memaafkan dan lebih sabar saat menanggapi sikap atau perilaku orang lain yang tak sesuai dengan hatimu.

4. Fokus pada satu pekerjaan

Kamu lebih memilih fokus pada satu hal sampai selesai daripada berusaha menyelesaikan semua hal dalam satu waktu. Orang yang bijak tahu benar bahwa manusia memiliki keterbatasan. Menuntut diri sendiri terlalu berlebihan hanya akan membawa pengaruh buruk.

5. Keyakinan dalam diri

Walau kondisi saat ini sulit, dalam dirimu yakin bahwa Tuhan akan memberi hasil yang baik bagi para hamba-Nya yang mau bekerja keras dan terus berdoa. Inilah yang membuatmu tetap maju meski mendapat cemoohan dari orang sekitar.

6. Bijak mengambil keputusan

Bukan jadi kebiasaanmu untuk membuat keputusan tanpa di pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu. Kamu percaya bahwa memberi jeda sebentar untuk memikirkan dengan bijak persoalan yang ada jauh lebih efektif daripada membuat keputusan cepat, namun sembarangan.

7. Kemauan untuk terus belajar

Walau kamu memiliki banyak alasan untuk menjadi sombong, justru dirimu terkenal dengan sifat rendah hati. Kamu bisa menerima kritikan dengan baik karena hal itu membuatmu terus belajar dan berkembang.

8. Membangun citra diri

Citra baik yang selama ini kamu peroleh bukan hasil dari menjatuhkan atau menjelek-jelekkan orang lain, melainkan dari prestasi yang susah payah kamu raih dengan keringat sendiri. Kamu berpedoman bahwa menjatuhkan orang tidak akan membuat dirimu tinggi.