09/07/2020
Breaking News

Karya Seni Terbuat Dari Daur Ulang

Karya Seni Terbuat Dari Daur Ulang

Karya Seni Terbuat Dari Daur Ulang

Karya Seni Terbuat Dari Daur Ulang – Berbeda dengan sampah botol plastik dan kertas yang mulai dilirik untuk didaur ulang, benda-benda seperti mainan plastik, peralatan dan benda logam jadi contoh sampah yang biasanya bakal berakhir begitu aja di tempat pembuangan akhir sampah. Tidak banyak pihak yang akhirnya menggunakan benda-benda ini, hanya sebagian kecil seniman yang tertarik pada sampah yang kadang dipandang sudah tidak berharga. Salah satu seniman yang tertarik menggunakan benda-benda terbuang untuk karyanya adalah Sayaka Ganz, seorang seniman kelahiran Yokokama, Jepang. Sayaka Ganz yang dikenal juga sebagai Sayaka Kajita ini memberikan kehidupan kedua bagi benda-benda yang dianggap sampah dan menyulapnya menjadi karya seni yang indah. Bahkan Sayaka juga sempat menggelar pamerannya. Sayaka menggunakan kembali beraneka macam sampah metal seperti peralatan masak dan plastik dan dikreasikan menjadi patung-patung berbentuk hewan yang seolah bergerak dan terperangkap. Melalui karyanya, Sayaka mengaitkan antara kepedulian lingkungan dengan seni. Pada karya-karyanya ini Sayaka memiliki tagline “Membuat energi dan harmoni dari plastik yang terbuang, menyebarkan pesan harapan“.

Daur ulang emang lagi marak banget dikampanyekan. Selain berguna buat lingkungan, daur ulang juga bisa menyulap benda lama atau bahkan sampah jadi sebuah mahakarya epic yang cakeeepnya kebangetan. Ibaratnya sampah dari seseorang bisa jadi harta buat yang lainnya. Lo bisa lihat nih beberapa contohnya. Siapa tahu aja lo jadi terinspirasi buat bikin karya dengan benda-benda yang mengotori lingkungan lo.

Patung terngkorak dari benda berbahan logam

Lo pasti udah tahu bahwa logam adalah salah satu sampah yang susah banget buat diuraikan. Satu-satunya cara buat mengurangi penumpukan adalah dengan daur ulang. Daur ulang itu bisa dalam bentuk karya seni yang unik.

Patung anjing dari peralatan rumah tangga

Coba perhatikan di rumah lo. Pasti ada banyak barang-barang kecil yang udah rusak dan dianggurin gitu aja. Coba bikin karya dong. Misalnya aja bikin patung buat hiasan rumah dengan menggunakan barang-barang kecil yang udah nggak terpakai itu.

Portrait dari tutup botol bekas

Kalo lo sering beli sirup, kecap, atau apapun yang dikemas dalam bentuk botol, jangan buang tutupnya. Coba deh dikumpulin terus diolah jadi karya seni. Nggak harus bikin portrait kok. Lo bisa menjadikannya sebagai hiasan atau lukisan yang terbentuk dari kumpulan botol yang udah tersusun.

Patung dari kulit telur

Sebagian besar orang di dunia ini lebih memilih buat membuang kulit telur setelah memasaknya. Jarang banget ada yang kepikiran buat menggunakan kulit telur sebagai bahan buat bikin karya seni kayak yang lo lihat di atas. Pecahan kulit telur dan warna yang nggak selalu sama persis antara satu dengan yang lainnya bisa jadi patung yang epic.

 Patung beruang kutub dibuat dari tas plastic

Ini nih sampah yang jumlahnya makin hari makin meningkat. Walaupun udah dikasih himbuan ini itu, nyatanya masih susah buat mengurangi jumlah penggunaan kantung plastik. Daripada ditumpuk dan mengotori tanah, mendingan dibikin dikreasikan semaksimal mungkin.

Patung paus dari peralatan rumah tangga

Siapa yang nyangka kalo patung paus yang warnany sangat ciamik ini dibuat dari barang-barang di rumah yang udah nggak terpakai. Intinya sih selagi lo mau berkreasi dan nggak takut bereksperimen, pasti bisa menghasilkan karya kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *