17/05/2021

Kisah Inspiratif Anak Penjaga Hutan Gunungkidul

Kisah Inspiratif Anak Penjaga Hutan Gunungkidul

Kisah Inspiratif Anak Penjaga Hutan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berhasil menjadi lulusan pendidikan S3 di Jepang. Sang ayah, Tukiyat menceritakan anaknya yang bernama Sawitri (26) sudah menghapal nama Latin dari pepohonan sejak kecil.

Kisah Inspiratif Anak Penjaga Hutan Gunungkidul

“Sejak kecil itu ia sudah hapal nama-nama Latin dari jenis-jenis pohon karena ia juga sering mendengar saat ada dosen dan mahasiswa lagi praktik lapangan,” kata Tukiyat dalam keterangan tertulis ke Humas Universitas Gadjah Mada (UGM).

Tukiyat merupakan penjaga hutan Wanagama yang dikelola oleh UGM sejak tahun 1991. Sebagai Agen Sbobet88 dan penjaga hutan, ia bersama istri dan anaknya tinggal di hutan Wanagama.

Dilihat juga : Pembahasan Tentang Karya Seni

Tidak ada tetangga atau warga yang tinggal di sekitar rumah mereka, yang ada di sekitar rumahnya hanya pepohonan dan semak belukar. Namun kondisi itu tidak jadi penghalang bagi Sawitri untuk belajar.

Justru lingkungan hutan menjadi media pembelajaran bagi Sawitri untuk mengenal hutan lebih dekat.

“Paling main di sekitar hutan atau membaca buku di rumah,” kata Tukiyat.

Tukiyat bercerita, dia sering harus meninggalkan Sawitri di rumah sendiri. Hal itu terpaksa dilakukannya bila kebetulan dia ditugaskan melakukan menyemai benih di area hutan yang lokasinya agak jauh, sedangkan istrinya kadang bertugas menjadi koki saat ada tamu yang menginap di Wisma Wanagama.

“Untung anaknya penurut, jadi kita nggak khawatir dia ke mana-mana,” kenangnya.

Sawitri kecil, kenang Tukiyat, sangat gemar membaca buku. Selain buku dari sekolah, koleksi buku-buku tentang kehutanan yang ada di perpustakaan Wanagama juga dilahap Sawitri.

“Sempat saya larang, karena materinya bukan untuk anak SD seusianya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *