06/05/2021

Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas. Kebanyakan orang pasti beranggapan bahwa barang bekas hanyalah sampah yang tidak memiliki nilai jual sama sekali. Alhasil, barang tak terpakai tersebut langsung dibuang di tempat sampah atau berserakan di gudang rumah.

Padahal, jika mau berusaha dan sedikit menggunakan daya kreativitas, barang bekas tersebut dapat menjadi barang berharga dan laku di masyarakat.

Bahkan, tak sedikit bukti yang menunjukkan bahwa membuat kerajinan dari barang tak terpakai dapat menjadi sumber rezeki yang sangat menjanjikan.  Selain banyak ditemui, modal yang diperlukan untuk menekuni usaha kerajinan tangan dari barang bekas ini juga sangat kecil.

Namun, tergantung dari daya kreativitas dan kualitasnya, produk kerajinan tangan dari ‘sampah’ tersebut dapat laku dengan harga yang mahal. Tak hanya itu, dengan menggeluti dunia bisnis tersebut, pengrajin dari barang bekas juga turut membantu Bumi untuk memiliki masa depan yang lebih cerah.

Nah, dengan banyaknya manfaat dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari mengolah barang bekas menjadi kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk mencoba terjun ke bidang bisnis tersebut. Tak perlu memulainya dari nol, berikut adalah bocoran cara kreatif membuat kerajinan tangan menarik berbahan dasar barang bekas.

Ide-Ide Kreatif Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

1.   Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol bekas menjadi salah satu jenis sampah yang sangat banyak berserakan di lingkungan. Bahkan, botol menjadi jenis sampah yang mungkin saja jumlahnya paling banyak di dunia saat ini. Oleh karena itu, tidak sulit untuk mencari botol bekas sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan yang menarik.

Karena bahannya yang terbuat dari plastik dan memiliki banyak ukuran, botol menjadi barang bekas yang cukup populer untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan. Pasalnya, botol bekas sangat mudah untuk dibentuk dan dikreasikan menjadi karya seni atau barang praktis yang bernilai sangat tinggi.

Inilah tiga kerajinan tangan yang bisa diciptakan dari bahan botol bekas:

  • Pot untuk Tanaman Hias

Melihat dari tanaman hias yang tertata apik di rumah memang dapat membuat penghuninya merasa betah. Namun, desain pot bunga yang terkesan monoton seringkali membuat taman menjadi kurang menarik. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkreasikan pot bunga dengan menggunakan botol bekas.

Tak butuh modal banyak, membuat banyak pot bunga yang unik dari botol bekas bisa dilakukan dengan modal kurang dari 50 ribuan saja. Yang penting, pengrajin botol bekas harus memiliki cutter dan juga cat akrilik agar pot tanaman tersebut terlihat lebih menarik.

  • Tempat Penyangga Charger Ponsel

Beberapa orang pasti pernah kebingungan saat akan mencharge smartphone tapi stop kontak yang ada terlalu tinggi. Alhasil, ponsel pun bisa jadi lowbat dan tidak dapat digunakan untuk keperluan yang mungkin saja penting.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada solusi yakni dengan membuat sendiri penyangga charger ponsel menggunakan botol bekas ini. Sama dengan cara pembuatan pot bunga, tempat penyangga ini hanya membutuhkan alat berupa cutter dan juga cat akrilik yang membutuhkan modal kurang dari 50 ribu Rupiah saja.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan memotong botol bekas sesuai dengan ukuran smartphone yang diinginkan. Kemudian, buat lubang sesuai dengan ukuran dan lokasi lubang charger pada smartphone. 

  • Wadah untuk Alat Tulis Kantor

Selain untuk pot bunga dan tempat penyangga charger, botol bekas juga bisa dikreasikan menjadi wadah untuk alat tulis kantor atau ATK. Kebutuhan akan wadah khusus untuk menempatkan alat tulis secara praktis ini tentu sangat membantu pekerja kantoran yang sibuk.

Masih sama, alat yang dibutuhkan untuk membuat wadah ATK adalah cutter dan cat akrilik seharga 30 ribuan saja. Caranya pun mudah, yaitu dengan melubangi botol bekas pada bagian atas dan bawah dengan ukuran lubang yang bawah lebih besar. Kemudian, lapisi botol bekas tersebut dengan cat berwarna putih dan setelah kering bisa dibuat gambar-gambar menarik sesuai selera.

2.   Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Sama halnya dengan botol bekas, kardus juga barang bekas yang cukup mudah ditemukan. Kebanyakan memang diloakkan untuk menghasilkan Rupiah. Namun, ada kesempatan meraup untuk lebih besar jika menyulap barang bekas tersebut sebagai karya menarik.

Salah satu yang unik adalah membuat rumah atau tempat bermain bagi kucing peliharaan. Hanya dengan modal sekitar 40 ribu untuk membeli jarum pentul dan selotip, serta kardus dan baju bekas, impian memberikan taman bermain kucing ala-ala bukan jadi isapan jempol belaka.

Cukup gampang, rumah kucing dari kardus bisa dibuat dengan merekatkan sisi kardus yang tertutup menjadi satu menggunakan selotip. Kemudian, gunakan baju bekas sebagai penutup sisi kardus yang terbuka dan menjadi pintu masuk pagi kucing. Rekatkan bagian baju yang menempel kardus dengan jarum pentul dan rapikan bagian baju yang mencuat keluar agar kucing bisa masuk dengan mudah.

Meski biasanya rumah kucing dari kardus bekas ini hanya untuk peliharaan sendiri, bukan berarti tidak memiliki potensi untuk dijual. Karena jika rumah kucing hasil kerajinan tangan dari kardus bisa dibuat dengan menarik, harga jualnya juga akan mencapai ratusan ribu Rupiah.

3.   Kerajinan Tangan dari Sedotan 

Sedotan juga menjadi barang bekas yang banyak berserakan dan dibuang begitu saja setelah dipakai. Jumlahnya yang banyak serta mudah untuk diolah membuat sedotan bekas menjadi salah satu bahan populer untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan dan laku di pasaran.

Dengan menggunakan sedotan bekas, Anda bisa membuat bunga plastik yang terlihat berwarna seperti kembang api. Cuma butuh modal kurang dari 5 ribu untuk membeli kertas krep dan isi lem tembak, kerajinan tangan tersebut bisa dijual dengan harga paling murah 10 ribu Rupiah.

Cara pembuatannya pun sederhana, yaitu dengan menyayat salah satu ujung sedotan sehingga berbentuk runcing. Gulung dan rekatkan ujung sedotan tersebut menggunakan lidi dan jadikan lidi tersebut sebagai tangkai yang menyerupai bunga mawar. Agar tampilan bunga lebih menarik dan realistis, buat juga dedaunan kecil menggunakan sedotan berwarna hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *