18/06/2021

Mengenal lebih dalam mengenai pengertian fungsi dan jenis seni

Mengenal lebih dalam mengenai pengertian fungsi dan jenis seni

Mengenal seni di dunia

Mengenal lebih dalam mengenai pengertian fungsi dan jenis seni – Setiap manusia memiliki sisi kreatifitasnya masing-masing dengan hasil keterampilan dan rasa keindahan yang sering disebut sebagai sebuah karya seni. Pengertian seni diartikan sebagai sebuah karya pengungkapan rasa keindahan yang menyajikan beberapa bentuk kreatifitas.

Pengungkapan seni tersebut bisa terbagi ke dalam berbagai jenis dan macamnya. Beberapa contoh jenis atau macam-macam seni dapat terbagi menjadi 3 macam sebagai berikut:

Pertama adalah seni rupa

Sering dianggap sebagai salah satu macam seni yang hasilnya berupa

  • Gambar
  • Lukisan
  • Patung
  • Kerajinan tangan

Hasil karyanya lebih berupa sebuah seni yang berwujud benda 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Seni yang satu ini paling banyak digemari oleh pecinta seni karena keindahan bentuknya

Kedua berupa seni musik

Sesuai dengan namanya, seni ini berupa hasil karya sebuah melodi ataupun harmoni yang menghasilkan suara ataupun bunyi yang indah. Pengertian seni musik lebih mengacu pada hasil karya yang dinikmati para penggemarnya. Hasil seni ini biasanya berupa sebuah lagu, alunan nada, ataupun suara permainan sebuah alat musik.

Ketiga adalah seni budaya

Seni yang selanjutnya yang paling sering terdengar adalah seni budaya. Seni ini sangat lekat dengan kebudayaan suatu negara atau daerah yang menghasilkan suatu atau beberapa keindahannya. Misalnya saja seperti seni tari-tarian, adat, ataupun seni lainnya. Seni budaya menjadi seni yang jenisnya paling beranekaragam sesuai dengan masing-masing daerahnya.

Fungsi Seni Bagi Individu

Bagi individu, seni memiliki fungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan mereka. Adapun bentuk kebutuhan tersebut diantaranya:

1. Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Manusia adalah mahluk yang mempunyai kecakapan dalam memberi apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai benda. Dalam proses pemenuhan kebutuhan fisik ini, para seniman mempunyai peranan penting dalam menciptakan berbagai benda-benda bernilai seni untuk pemuasan kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan bagi orang lain.

2. Seni Sebagai Alat Pemenuhan kebutuhan Emosional

Emosi adalah peraasaan di dalam diri manusia, baik itu perasaan senang, marah, sedih, haru, cinta, benci, dan lain-lain. Semua orang perlu meluapkan perasaan di dalam diri mereka agar kondisi kejiwaannya tetap normal.

Untuk memenuhi kebutuhan emosional tersebut, manusia membutuhkan dorongan dari luar dirinya. Misalnya, seseorang yang punya jiwa seni dan estetika akan mengungkapkan emosinya melalui musik, lukisan. Atau ketika seseorang merasa stress, maka ia membutuhkan waktu untuk rekreasi, nonton bioskop, atau hal lainnya untuk meredakan tekanan jiwa.

Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia adalah mahluk sosial yang memiliki kebutuhan akan interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Dalam hal ini seni juga berfungsi sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sosial tersebut.

1. Seni Sebagai Media Agama/ Kepercayaan

Seni punya peranan penting dalam penyampaian pesan religi/ agama kepada manusia. Hal ini bisa kita lihat dari busana/ pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan lain-lain.

Contoh fungsi seni dalam agama dapat kita lihat pada Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Relief yang terdapat di dinding Candi tersebut merupakan ilustrasi kitab suci agama Budha dan Hindu.

2. Seni Sebagai Media Pendidikan

Seni juga punya peranan penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu

  • Pendidikan formal; pendidikan di lingkungan sekolah
  • Pendidikan non formal; pendidikan di lingkungan masyarakat
  • Pendidikan informal; pendidikan di lingkungan keluarga

Melalui seni, individu dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya seorang siswa dapat belajar musik atau drama, dimana kegiatan ini dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang lain.

3. Seni Sebagai Media Informasi

Melalui seni juga kita bisa menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya penggunaan poster yang bernilai seni dimana di dalamnya terdapat informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi, dan penyampaian program pemerintah.

4. Seni Sebagai media Hiburan

Sebagian besar yang berkaitan dengan hiburan mengandung unsur seni dimana para pelaku seni dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif. Seorang seniman dapat merasakan senang, marah, terharu, ketika karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.

Begitupun individu yang melihat, mendengar, merasakan sebuah karya seni. Manusia bisa merasa terhibur ketika melihat sebuah lukisan, menonton bioskop, atau menonton sebuah konser musik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *