06/05/2021

Model Rumah Tertua di Dunia!

Model Rumah Tertua di Dunia!

Model Rumah Tertua di Dunia!

Model Rumah Tertua di Dunia! – Model rumah sekarang ini didominasi oleh rumah-rumah bergaya arsitektur minimalis dan modern. Namun, 50 tahun yang lalu, model rumah klasiklah yang sangat populer. Di 50 tahun yang akan datang, tren model rumah juga akan berganti lagi. Lalu seperti apa model rumah 200 tahun lalu atau ribuan tahun yang lalu?

Pada mulanya, manusia hanya memodifikasi batuan yang tersingkap di alam menjadi tempat tinggal mereka. Kemudian manusia mulai membangun rumahnya sendiri dari bebatuan tersebut, sampai mereka pun beralih ke material bangunan yang lain. Model rumah pada awalnya berbentuk iregular. Seiring berkembangnya zaman, bentuknya kian simetris dan tegas.

Melalui model rumah tertua di dunia ini:

1. Model Rumah Batu, Knap of Howar, Skotlandia

Rekor rumah tertua yang ada di dunia dipegang oleh Knap of Howar, sebuah model rumah yang tersusun dari bebatuan yang berasal dari zaman Neolitikum. Model rumah batu ini dibangun pada tahun 3500 Sebelum Masehi (SM), berarti umurnya sekarang sekitar 5.000 tahun.

2. Model Rumah Gua, Kandovan, Iran

Kandovan yang terletak di sebelah barat laut Iran, merupakan pemukiman gua terbesar yang ada di dunia. Model rumah gua ini telah berumur 800 tahun dan sekarang ini pemukiman gua Kodovan masih ditinggali oleh 168 keluarga. Gua-gua ini terbentuk dari aktivitas volkanik Gunung Sahand yang terjadi beratus-ratus tahun yang lalu.

3. Model Rumah Menara, Thoor Ballylee, Irlandia

Model rumah menara yang dibangun pada abad pertengahan ini, lebih tepatnya abad ke-16, pernah dimiliki oleh seorang sastrawan, William B. Yeats. Sehingga rumah ini dikenal juga dengan nama Yeats Tower. Model rumah menara ini memiliki empat lantai dengan satu kamar disetiap lantainya. Lantai-lantai terhubung dengan tangga berbentuk spiral yang berdesain megah.

4. Model Rumah La Maison De Jeanne, Aveyron, Prancis

Rumah dengan tampilan material ekspos ini dibangun pada abad ke-13 dan diberi nama La Maison De Jeanne. Model rumah ini dibuat berundak-undak, semakin luas ke atas, untuk menghindari pajak bangunan yang tinggi. Pada saat itu, pajak dihitung dari seberapa besar lahan permukaan yang digunakan untuk sebuah rumah. Saat ini, model rumah tua ini menjadi destinasi wisata nomor 1 di Aveyron, baik wisata digital maupun wisata kunjungan langsung.

5. Model Rumah Pasir, Acoma Pueblo, New Mexico

Acoma Pueblo merupakan pemukiman tertua di Amerika Utara yang telah berusia hampir 1.000 tahun. Pemukiman ini dibangun di atas lanskap batu pasir dengan ketinggian mencapai 100 meter. Model rumah di Acoma Pueblo memiliki bentuk persegi, tersusun dari batu pasir dengan desain asli dari kebudayaan suku Anasazi.

6. Model Rumah Gua, Kampung Meymand, Iran

Di tempat kedua ditempati oleh model rumah gua yang terletak di Kampung Meymand, Iran. Perkampungan ini mulai dihuni oleh manusia sekitar 3.000 tahun yang lalu, walau umur dari batuan penyusunnya sendiri sudah berkisar 12.000 tahun. Rata-rata rumah gua di Meymand memiliki ketinggian 2 meter dengan luasan 16-20 m².

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *