11/08/2020
Breaking News

Notre Dame Du Haut Karya Terbesar Arsitek Corbusier

Notre Dame Du Haut Karya Terbesar Arsitek Corbusier

Notre Dame Du Haut Karya Terbesar Arsitek Corbusier

 

Notre Dame Du Haut Karya Terbesar Arsitek Corbusier – Notre Dame du Haut, adalah karya besar Corbusier, bahkan bisa disebut sebuah masterpiece dalam dunia arsitektur.

Nama Corbusier menjadi populer sebab kapel yang telah dibuat tanpa mementingkan prinsip kebebasan, tetapi mengutamakan kemurnian dari alam.

Notre Dame du Haut merupakan sebuah gereja yang berdiri kokoh di atas bukit di sebuah kota kecil bernama Ronchamp.

Pada kapel ini terlihat perbedaan karya Corbusier yang dibuat pada tahun 1920-an dengan gaya purist dan karya yang dikerjakan sesudah tahun 1950-an yang dipengaruhi aliran mediterania dari timur tengah.

Kapel di Ronchamp ini juga memperlihatkan Corbusier sudah menerapkan prinsip rasional sebagai dasar arsitektur modern. Sejumlah arsitek yang merancang gereja meniru kapel ini.

Mereka tidak memperhatikan sifat individu program Ronchamp dan keunikan lingkungan dimana kapel itu didirikan, sehingga hasilnya tak seunik karya Corbusier.

Struktur bangunan ini terbuat dari beton dan sebagian besar relatif kecil, tertutup oleh dinding tebal, dengan atap terbalik yang didukung pada kolom tertanam dalam dinding, menyerupai layar mengepul di arus berangin di puncak bukit.

Di bagian interior, ruang kosong antara dinding dan atap penuh dengan clerestory jendela, dan lampu asimetris dari bukaan dinding, berguna untuk lebih memperkuat hubungan bangunan dengan lingkungannya.

Bagian pusat dari bangunan ini terdiri dari dua membran beton dipisahkan oleh ruang 6’11 “. Lantai kapel mengikuti kemiringan alami dari bukit turun menuju altar. Bagian-bagian tertentu, khususnya yang di atasnya interior dan eksterior sisanya altar.

Menara-menaranya terbuat dari pasangan batu dan dibatasi oleh kubah semen. Struktur ini juga dibangun sebagian banyak dari beton dan batu, yang adalah sisa-sisa dari kapel aslinya dan dibangun di lokasi puncak bukit.

Selain sebagai tujuan wisata, bangunan ini juga masih dipakai untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris. Notre Dame de Paris dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari semua arsitektur gothic Perancis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *