18/06/2021

Orang yang Kamu Kenal Sulit Bersikap Terbuka Sama Kamu? Mungkin Ini Alasannya

Orang yang Kamu Kenal Sulit Bersikap Terbuka Sama Kamu? Mungkin Ini Alasannya

Orang yang Kamu Kenal Sulit Bersikap Terbuka Sama Kamu? Mungkin Ini Alasannya

Kita sebagai makhluk sosial, memang perlu untuk terhubung dengan sesama manusia lainnya di lingkungan kita tinggal. Namun, seperti yang sudah kita ketahui bahwa tidak semua orang bisa dengan mudah membaur dengan orang lain di sekitarnya. Sikap seseorang yang cenderung tertutup terhadap lingkungan sekitarnya, tentu membuat kita kesulitan untuk menjalin pertemanan dengannya. Di lansir dari laman amorvacui.org, beberapa alasan di bawah ini mungkin dapat menjelaskan mengapa ada orang yang enggan bersikap terbuka terhadap lingkungannya!

1. Mungkin saja, sebenarnya ia hanya pemalu

Di kutip dari Daftar IDN Poker, alasan yang pertama ini mungkin yang paling masuk akal. Ada beberapa orang yang kelihatannya cuek dan seakan-akan gak mau di ajak berteman, padahal sebenarnya mereka hanya malu untuk membuka dirinya pada orang lain. Kalau kamu pernah melihat tipe orang yang seperti ini, jangan malah di jauhi, ya. Justru, kamulah yang harus inisiatif untuk mulai membaur dengannya.

Memang, awalnya ia akan terlihat canggung dan sangat tertutup padamu. Namun, bagaimanapun juga kamu tetap harus bersikap ramah padanya. Karena, kalau sudah nyaman, ia pasti akan terbuka dengan sendirinya, kok!

2. Kenangan buruk di masa lalu

Seseorang yang di masa lalunya punya pengalaman tidak menyenangkan, misalnya pernah menjadi korban perundungan, tentu akan membuat ia kesulitan untuk menjalin interaksi sosial dengan orang lain. Perasaan cemas karena takut kejadian tersebut bakal terulang lagi, mungkin akan selamanya menghantui pikirannya. Sehingga, mereka akan terus-terusan menghindar saat ada orang lain yang ingin mengenal dirinya lebih dekat.

3. Lingkungan yang tidak suportif

Di kelilingi oleh orang-orang yang gemar menghakimi setiap keputusan atau pilihan yang kita buat, memang bukanlah hal yang menyenangkan. Padahal, niat awal kita hanya untuk meminta pendapat dari mereka. Kalaupun kurang sreg sama keputusan kita, minimal berilah alasan yang jelas serta sampaikan dengan cara yang baik-baik dan tidak memaksa.

Karena, siapa pun yang terbiasa di hakimi oleh orang-orang di sekitarnya, juga pasti bakal membuat seseorang jadi enggan terbuka. Mereka takut kalau saja orang lain akan memberi respon yang sama terhadap semua keputusan yang ia buat.