18/01/2021
Breaking News

Seni budaya asal indonesia yang terkenal di dunia

Seni budaya asal indonesia yang terkenal di dunia

Seni budaya indonesia yang terkenal di negara lain

Seni budaya asal indonesia yang terkenal di dunia – Apa itu seni budaya?  Pasti yang terpikir di benak anda pertama jika bicara seni dan budaya adalah berbagai kerajinan tangan yang dihasilkan manusia. Seni dan budaya memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan satu dengan lainnya.

Karena disetiap karya seni ada kebudayaan yang khas dan pada setiap kebudayaan mengandung nilai seni yang indah. Begitu eratnya hubungan antara keduanya, sehingga sangat sulit jika kita membahasnya secara terpisah tentang keduanya.

Ada banyak sekali bentuk seni dan budaya yang ada di kehidupan anda walau mungkin serik tidak anda sadari. Di bawah ini akan diulas sedikit tentang seni dan budaya untuk menambah referensi anda dalam memahami apa sebenarnya seni dan budaya itu.

Batik

Batik Indonesia, termasuk juga budaya, teknik, serta pengembangan motif dan teknologinya, telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak itu, setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia selalu memperingati Hari Batik Nasional.

Awalnya, batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh mantan Presiden RI, Soeharto, yang ketika itu memakai batik pada Konferensi PBB. Batik sendiri sebenarnya tidak hanya identik sebagai kain atau pakaian dengan menggunakan motif-motif yang dibuat melalui teknik pewarnaan tradisional. Tetapi, batik dalam budaya tradisional Jawa, lebih bermakna sebagai teknik pembuatan motif tersebut, dengan menggunakan warna alami “malam” dan alat “canting” pada kain berserat alami. Hingga saat ini, batik terus mengalami perkembangan, baik pada motifnya, maupun cara membuatnya.

Angklung

Angklung adalah alat musik multitortal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat. Berbahasa sunda di pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu). Sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2,3,sampai 4 nada dalam setiap ukuran kecil.

Angklung Indonesia ini telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya. Tak benda atau intangible cultural heritage. Penyerahan resmi sertifikat dilaksanakan di Jakarta, pada 19 Januari 2011. Sertifikat ini diserahkan oleh mantan Duta Besar RI untuk UNESCO Tresna Dermawan Kunaefi kepada menteri pendidikan nasional Muhammad Nuh. Taufik menyatakan angklung digemari diluar negeri. Negara-negara seperti Korea, Jepang dan Malaysia. Telah mengenalkan angklung pada anak-anak usia sekolah.

Kesenian Wayang Kulit

Kesenian wayang telah mendapatkan pengakuan UNESCO sejak 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Banyak sekali warga negara asing yang tertarik untuk mempelajarinya. Mereka biasanya belajar langsung dari dalang yang sudah memiliki nama.

Tari Kecak

Tari tradisional Bali ini populer di kalangan wisatawan dunia, kebanyakan mereka tahu setelah berkunjung ke Bali. Nama kecak berasal dari kata “cak” atau api disebut juga fire dance, merupakan pertunjukan tari masal yang disertai sendra tari di dalamnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *