06/05/2021

Tidak Kalah Kental, Berikut Ini 3 Alternatif Sehat Maizena

Tidak Kalah Kental Ini 11 Alternatif Sehat Maizena - Tidak Kalah Kental, Berikut Ini 3 Alternatif Sehat Maizena

Tidak Kalah Kental, Berikut Ini 3 Alternatif Sehat Maizena

Di lansir dari amorvacui.org, bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten atau penyakit Celiac, maizena adalah alternatif terbaik. Namun, bagi pasien diabetes dan orang-orang yang ingin menekan kadar kolesterol, maizena bukan opsi yang baik. Selain itu, maizena juga tidak di anjurkan untuk orang-orang yang ingin mencegah obesitas. Ini karena maizena tinggi kalori dan karbohidrat.

Tak perlu bingung, di kutip dari IDN Poker APK, inilah beberapa alternatif sehat maizena yang dapat kamu pakai. Di jamin tidak kalah kental!

1. Tepung terigu

Alternatif pertama, kamu bisa pakai tepung terigu. Dari segi gizi, tepung terigu mengandung protein yang lebih tinggi, lebih sedikit karbohidrat, dan lebih banyak serat di banding maizena. Selain itu, tepung terigu juga lebih bergizi.

Menang di “ring” gizi, tepung terigu tidak seefektif maizena dalam hal kekentalan. Jadi, kamu butuh banyak tepung terigu agar hasilnya bisa sekental maizena. Aduklah tepung terigu dalam air hangat secara merata, lalu tuangkan ke dalam masakan untuk mengentalkannya. Jika tidak, kuah dan sup malah bisa menggumpal.

2. Tepung beras

Umum di temukan di hidangan Asia, tepung beras, sesuai namanya, di buat dari gilingan beras. Tepung beras menjadi bahan untuk membuat mi, sup, dan makanan penutup.

Termasuk dalam alternatif maizena yang sehat, tepung beras kaya akan nutrisi. Di sisi lain, tepung beras tinggi protein dan serat, serta kandungan karbohidratnya lebih sedikit daripada maizena.

Serupa dengan tepung terigu, campurkan tepung beras ke dalam air dingin atau hangat, dan aduk sampai merata sebelum di tuangkan ke dalam masakan. Jika tidak benar, malah membentuk gumpalan.

3. Tepung garut atau arrowroot

Alternatif ketiga adalah tepung garut atau arrowroot. Seperti tepung pada umumnya, tepung ini di buat dari rimpang tanaman famili Maranta. Dalam hal gizi, tepung garut memiliki lebih banyak serat dan kalsium di bandingkan maizena. Secara alami, tepung garut bebas gluten, sehingga cocok untuk mereka dengan intoleransi gluten.

Sebagai catatan, tepung garut tidak tercampur baik dengan susu dan produknya, tetapi kuah dengan tepung garut dapat di bekukan. Selain itu, untuk mendapatkan hasil optimal, gunakan tepung garut dua kali dari takaran maizena. Jika di campurkan dengan air, tepung garut dapat menciptakan kuah kental bening.